Dimana Dan Berapa Banyak Bahasa Spanyol Digunakan?

Sebagai salah satu yang paling bahasa lisan di dunia, Spanyol adalah lidah populer untuk mempelajari, serta untuk belajar tentang.

Berapa banyak orang yang berbicara bahasa Spanyol tepatnya? Ada berapa negara penutur bahasa Spanyol, dan di manakah itu bahasa resmi? Kami menjawab pertanyaan ini dan banyak lagi.

Sejarah Singkat Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol, seperti Prancis, Italia, Rumania, dan Portugis, adalah bahasa Roman yang berkembang dari bahasa Latin Vulgar (Umum). Itu berasal dari Semenanjung Iberia – sudut barat daya Eropa yang mencakup Spanyol dan Portugal saat ini.

Kelanjutan bahasa Castilia dari Vulgar Latin (dari wilayah Castile Spanyol) bercampur dengan dialek Arab yang diucapkan oleh orang Moor, yang menaklukkan sebagian wilayah tersebut. Setelah berbaur selama berabad-abad, bahasa tersebut membentuk apa yang menjadi bahasa Spanyol standar pada tahun 1200-an.

Kastilia bukan satu-satunya dialek bahasa Spanyol di dunia. Dialek Andalusia dari Spanyol muncul sekitar waktu yang sama, dan masih digunakan di beberapa bagian Spanyol selatan.

Dan kemudian, pada abad ke-16, Spanyol membangun kerajaannya di Amerika dan membawa bahasa mereka bersama mereka. Saat ini, Spanyol adalah rumah bagi kurang dari 10 persen penutur bahasa Spanyol di dunia.

Dimana Di Dunia Ini Bahasa Spanyol Digunakan?

Ada banyak negara berbahasa Spanyol di dunia, karena bahasa Spanyol adalah bahasa resmi dari 20 negara berikut, serta Puerto Riko: Argentina, Bolivia, Chili, Kolombia, Kosta Rika, Kuba, Republik Dominika, Ekuador, El Salvador, Khatulistiwa Guinea, Guatemala, Honduras, Meksiko, Nikaragua, Panama, Paraguay, Peru, Spanyol, Uruguay, dan Venezuela. Meskipun bukan bahasa resmi, bahasa Spanyol juga umum digunakan di Amerika Serikat, Belize, Andorra, dan Gibraltar.

Berapa Banyak Orang Yang Berbicara Bahasa Spanyol Di Dunia?

Berapa Banyak Orang Yang Berbicara Bahasa Spanyol Di Dunia?

Ada lebih dari 450 juta penutur asli bahasa Spanyol, menjadikannya yang kedua setelah bahasa China dalam hal bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Bahasa Inggris berada tepat di belakang bahasa Spanyol, dengan sekitar 360 juta penutur asli. Bahasa Spanyol adalah bahasa ketiga yang paling banyak dipelajari di dunia, setelah Inggris dan Prancis.

Selain 450 juta penutur asli, hampir 75 juta orang di seluruh dunia menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa kedua.

Berapa Banyak Orang Yang Berbicara Bahasa Spanyol Di AS?

Di Amerika Serikat, lebih dari 43 juta orang berbicara bahasa Spanyol sebagai bahasa pertama (sekitar 13 persen dari populasi), dan jumlah itu terus bertambah. Selain itu, Amerika Serikat adalah rumah bagi hampir 12 juta penutur dwibahasa Spanyol.

Ini menjadikannya negara berbahasa Spanyol terbesar kedua di dunia (setelah Meksiko), tetapi sebuah penelitian memperkirakan Amerika Serikat akan menjadi yang terbesar pada tahun 2050.

Orang Amerika yang belum bisa berbahasa Spanyol sedang mencoba mempelajarinya.

Bahasa Spanyol adalah bahasa yang paling banyak dipelajari di AS. Faktanya, 50 persen mahasiswa Amerika dan lebih dari 70 persen pelajar K-12 memilih untuk belajar bahasa Spanyol.

Ini secara signifikan lebih dari 12 persen mahasiswa dan 15 persen mahasiswa K-12 yang memilih bahasa Prancis, bahasa yang paling banyak dipelajari kedua.

Berapa Banyak Orang Yang Berbicara Bahasa Spanyol Di Amerika Latin?

Dengan 121 juta penutur asli, Meksiko memiliki populasi penutur bahasa Spanyol terbesar di dunia.

Bahasa Spanyol adalah bahasa resmi Meksiko, selain banyak negara di Amerika Tengah dan Selatan.

Dua dari negara berbahasa Spanyol terbesar di Amerika Selatan adalah Kolombia (sekitar 46 juta penutur bahasa Spanyol) dan Argentina (sekitar 41 juta penutur bahasa Spanyol).

Sekitar 60 persen dari populasi Amerika Latin berbicara bahasa Spanyol. Sebagian besar penduduk lainnya berbicara bahasa Portugis (sekitar 34 persen), dan sebagian kecil berbicara bahasa lain, seperti Prancis, Inggris, dan berbagai bahasa Maya.

Berapa Banyak Orang Yang Berbicara Bahasa Spanyol Di Eropa?

Spanyol adalah tempat asal bahasa Spanyol, jadi tentu saja itu adalah pusat penutur bahasa Spanyol di Eropa.

Tetapi dengan 46 juta penutur bahasa Spanyol, Spanyol tertinggal dari Amerika Serikat, menjadi negara dengan populasi penutur bahasa Spanyol terbesar ketiga.

Di Eropa, bahasa Spanyol juga digunakan secara luas di Andorra dan Gibraltar, tetapi bahasa resmi mereka masing-masing adalah Catalan dan Inggris.

Di Swiss, sekitar 150.000 orang, atau 2,2 persen dari populasi, berbicara bahasa Spanyol juga.

Ini adalah salah satu dari 24 bahasa resmi di Uni Eropa, dan juga digunakan oleh sebagian kecil orang di negara-negara Eropa lainnya, seperti Italia, Jerman, Prancis, dan Inggris.

Berapa Banyak Orang Yang Berbicara Bahasa Spanyol Di Seluruh Dunia?

Meskipun sebagian besar penutur bahasa Spanyol tinggal di Amerika dan Eropa, ada juga orang yang berbicara bahasa Spanyol di bagian lain dunia.

Salah satu negara yang menonjol adalah Filipina, di mana bahasa Spanyol adalah bahasa resmi dari akhir abad ke-16 hingga baru-baru ini.

Filipina berada di bawah kekuasaan Spanyol dari 1565-1898, tetapi bahkan setelah berakhirnya Perang Spanyol-Amerika, itu tetap menjadi bahasa resmi bersama dengan bahasa Inggris sampai tahun 1987, ketika itu ditetapkan sebagai bahasa opsional.

Saat ini, sekitar 3 juta orang Filipina berbicara bahasa Spanyol atau Chavacano – bahasa Creole berbasis Spanyol.

Di Afrika, bahasa Spanyol adalah salah satu dari tiga bahasa resmi di Guinea Ekuatorial, di mana hampir 68 persen penduduknya menggunakan bahasa tersebut.

Bahasa Spanyol juga digunakan di wilayah-wilayah di Afrika utara yang dikuasai oleh Spanyol, dan di Maroko, yang secara geografis dekat dengan Spanyol. Terakhir, ada komunitas kecil penutur bahasa Spanyol di Angola dan Sudan Selatan.

Mengapa Belajar Bahasa Spanyol?

Bahasa Spanyol adalah bahasa ibu kedua yang paling banyak digunakan di dunia, yang berarti peluang potensial bagi pelajar bahasa Spanyol berlimpah. Anda bisa belajar bahasa Spanyol untuk bepergian, untuk bekerja atau untuk terhubung dengan tetangga Anda. Plus, ini salah satu bahasa termudah untuk dipelajari oleh penutur bahasa Inggris.